LAPORAN PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER
CLIENT-SERVER TCP DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Disusun Oleh Kelompok F :
Febriana 064001600017
Alfando Halatu 064001800023
Putry Shan 064001800012
Carmelita Evani 064001800037
Febriana 064001600017
Alfando Halatu 064001800023
Putry Shan 064001800012
Carmelita Evani 064001800037
Teknik Informatika
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Trisakti
Jakarta – Indonesia
2019
Tujuan
Diharapkan mahasiswa dapat memahami dan mampu membuat program yang menghubungkan dua buah laptop dimana salah satunya bertindak sebagai server dan yang lainnya bertindak sebagai client dan dapat saling berbagi informasi.
Teori Percobaan
Client Server adalah suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya.
Dalam model klien/server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah, tetapi masih merupakan sebuah kesatuan yakni komponen klien dan komponen server. Komponen klien juga sering disebut sebagai front-end, sementara komponen server disebut sebagai back-end. Komponen klien dari aplikasi tersebut dijalankan dalam sebuah workstation dan menerima masukan data dari pengguna. Komponen klien tersebut akan menyiapkan data yang dimasukkan oleh pengguna dengan menggunakan teknologi pemrosesan tertentu dan mengirimkannya kepada komponen server yang dijalankan di atas mesin server, umumnya dalam bentuk request terhadap beberapa layanan yang dimiliki oleh server. Komponen server akan menerima request dari klien, dan langsung memprosesnya dan mengembalikan hasil pemrosesan tersebut kepada klien. Klien pun menerima informasi hasil pemrosesan data yang dilakukan server dan menampilkannya kepada pengguna, dengan menggunakan aplikasi yang berinteraksi dengan pengguna.
CARA PERCOBAAN
1. Siapkan dua laptop untuk percobaan. Laptop ke-1 untuk server laptop ke-2 untuk client
2. Tulis Source code untuk laptop client
import java.io.*;
import java.net.*;
import java.util.*;
public class TCPEchoClient {
private static InetAddress host;
private static final int PORT =2480;
public static void main (String args[]) {
try{
host = InetAddress.getByName("192.168.43.100");
}
catch(UnknownHostException uhEx) {
System.out.println("Host ID not found!");
System.exit(1);
}
accessServer();
}
private static void accessServer(){
Socket link = null; // STEP 1
try{
link = new Socket(host, PORT); //STEP 1
Scanner input = new Scanner(link.getInputStream()); //STEP 2
PrintWriter output = new PrintWriter(link.getOutputStream(), true);//STEP 2
//Set up stream for keyboard entry....
Scanner userEntry = new Scanner(System.in);
String message, response;
do{
System.out.print("Client> Enter message: ");
message = userEntry.nextLine();
output.println(message); //STEP 3
if(!message.equals("QUIT")){
response = input.nextLine();
System.out.println("\nServer> " + response);
}
}while(!message.equals("QUIT"));
response = input.nextLine(); //STEP 3
System.out.println(response);
}
catch(IOException ioEx){
ioEx.printStackTrace();
}
finally{
try{
System.out.println("\n* Closing connection... *");
link.close(); //STEP 4
}
catch(IOException ioEx){
System.out.println("Unable to disconnect!");
System.exit(1);
}
}
}
}
|
3. Tulis Sourcode untuk laptop server
import java.io.*;
import java.net.*;
import java.util.*;
public class TCPEchoServer{
private static ServerSocket servSocket;
private static final int PORT=2480;
public static void main(String args[]){
System.out.println("Opening port...");
System.out.println("Awaiting for data...");
try{
// STEP1: Create ServerSocket object
servSocket = new ServerSocket(PORT);
}
catch(IOException ioEx){
System.out.println("Unable to attach to port!");
System.exit(1);
}
do{
handleClient();
}while(true);
}
private static void handleClient(){
Socket link=null;
try{
link=servSocket.accept();
Scanner input= new Scanner(link.getInputStream());
PrintWriter output=new PrintWriter(link.getOutputStream(),true);
int numMessages = 0;
String message = "";
do{
message=input.nextLine();
if(!message.equals("Quit"));{
System.out.println("Message received->"+ message);
numMessages++;
output.println("Message" +numMessages+":"+message);
}
}while(!message.equals("Quit"));
output.println(numMessages+"message received.");
}
catch(IOException ioEx){
ioEx.printStackTrace();
}
finally{
try{
System.out.println("\n* Closing connection...*");
link.close();
System.out.println("Waiting new connection...");
}
catch(IOException ioEx){
System.out.println("Unable to disconnect");
System.exit(22);
}
}
}
}
|
4. Jalankan program server terlebih dahulu
5.Sekarang jalankan program client
6. Selanjutnya kita mengirim pesan dari Client dan akan diterima oleh Server dan proses chatting berhasil.
KESIMPULAN
Pada percobaan kali ini dilakukan pembuatan jaringan antara client dan server menggunakan dua buah laptop yang bertugas sebagai client dan server dan dihubungkan menggunakan jaringan wifi dan program java yang menunjukkan bagaimana komunikasi antara client dan server.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar